05 April 2013

Memilih Pisau Lempar


Berikut ini beberapa tips memilih pisau lempar.
  1. Jangan memilih pisau yang ringan, karena lebih sulit dikendalikan, sulit mendapat hasil yang konstan, dan sangat mudah memantul kearah pelempar. Sangat berbahaya.
  2. Jangan pula pilih pisau tipis, karena pada umumnya akan mudah patah. Pilihlah pisau dengan ketebalan antara 4 mm sampai 6 mm.
  3. Tidak disarankan memilih pisau yang banyak lubang atau hiasan berupa lubang dengan berbagai variasi bentuknya karena itu akan mengurangi kekuatan pisau, menjadi lebih mudah patah. Kecuali pisau itu dibuat dari bahan yang sangat keras - tentu harganya aduhai.
  4. Untuk pemula, sebaiknya pilih pisau dengan letak titik pusat gravitasi di tengah atau setidaknya mendekati titik tengah. Pisau seperti ini lebih mudah dikontrol. Bahkan para profesional sekalipun banyak yang menggunakan pisau seperti ini.
  5. Pilihlah pisau lempar dengan panjang antara 30 cm sampai 40 cm. Hasilnya akan lebih memuaskan dibanding pisau yang pendek, dan dengan ukuran itu akan lebih nyaman digunakan untuk jarak yang lebih jauh.
  6. Sebaiknya tidak membeli pisau dengan ujung yang terlalu runcing karena akan mudah patah. Namun ujung yang cenderung membulat juga membuat pisau lebih sulit menancap. Jadi pilih yang keruncingannya sedang saja.
  7. Selalu pilih pisau lempar yang gagang dan bilahnya dibuat menyatu. Jangan pernah membeli pisau lempar yang gagang dan bilahnya dibuat terpisah lalu disambungkan karena disitulah letak titik lemahnya. Akan mudah patah.
  8. Pisau lempar tidak memerlukan bilah yang tajam. Bukan tajamnya yang penting, namun proporsi antara ketebalan dan keruncingan ujungnya. Disamping itu, tangan akan lebih mudah terlukai oleh bilah tajam.
  9. Gagang pisau lempar ada yang polos, ada yang dilapisi kulit, plastik, kayu, logam lain, dan ada juga yang dililit tali. Semuanya dapat disesuaikan dengan kesukaan Anda. Namun untuk pemula yang lemparannya belum akurat, tentu yang polos sangat dianjurkan. Sayang sekali bila gagang cepat rusak karena membentur target.
  10.  Banyak sekali pisau lempar yang disepuh dengan logam lain berwarna-warni sehingga penampilannya menarik. Kelemahannya, sepuhan itu akan memudar seiring waktu. Terlihat kurang indah.

Pisau Saber Imitasi, harga Rp 35.000
Pisau SOG Yang Patah, harga US $100.
Foto: bladeforums.com













Yang utuh, cedera, dan almarhum. Rp 80.000 / set















2 comments:

  1. http://1.bp.blogspot.com/-DHSGfDWSR0s/UWLCDy1bdnI/AAAAAAAAAHU/BSZ--PUpxZ4/s1600/Pisau+Patah.jpg
    Yang utuh, cedera, dan almarhum. Rp 80.000 / set
    ^
    ^
    ^ wkkwkkk,,,si embah bisa aja dah bikin ketawa orang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting bisa bikin orang senang ... nang ... nang.

      Delete