06 April 2013

Latihan Lempar Pisau


Di masa-masa awal mempraktekkan lempar pisau, mungkin jari-jari dan lengan akan terasa pegal atau sakit setelah latihan. Karena itu, tidak perlu lama-lama melakukannya. Setelah 15 menit berlatih, konsentrasi akan turun dan akurasi lemparanpun jauh merosot. Jika latihan diteruskan, hasilnya akan tidak memuaskan dan malah mungkin Anda akan mengulangi kesalahan cara lempar, terus berulang hingga menjadi kebiasaan yang buruk. Tentu ini sangat tidak menguntungkan.

Lakukanlah latihan tiap hari bila memungkinkan. Jika tidak, 2 kali seminggu dianggap cukup. Untuk menambah mantap lemparan, tiap hari lakukanlah latihan penunjang seperti push-up antara 20 sampai 40 kali.

Untuk akurasi lemparan, sebaiknya tidak merasa puas hanya dengan pisau yang menancap saja. Buatlah titik atau lingkaran tertentu pada papan target dan konsentrasilah pada titik itu. Anda akan menyadari sulitnya menancapkan pisau secara sempurna dan tepat pada titik target tersebut.

Sebagai variasi, ada baiknya membuat beberapa lingkaran kecil terpisah di papan target lalu diberi nomor. Tentukan dalam pikiran, lingkaran nomor berapa yang akan jadi sasaran. Lemparlah kesitu. Maka Anda akan menyadari bahwa Anda tidak merasa puas bila tidak tepat ke sasaran, meskipun pisau menancap sempurna! Itu artinya Anda telah maju selangkah dari sekedar menancapkan pisau. Selamat berlatih.

No comments:

Post a Comment