06 April 2013

Cara Melempar Pisau


Untuk para pelempar ortodoks.  Untuk orang kidal, lakukan sebaliknya.

Sebelum melempar pisau, baiknya lakukan dulu pemanasan yang cukup. Ini sangat penting untuk menghindari cedera otot. Pemanasan dapat dilakukan dengan peregangan lalu gerakan melempar (tanpa pisau) tanpa tenaga penuh.

Kita mulai dengan sikap tubuh. Kaki kiri di depan, kanan di belakang. Jarak antar kaki tergantung enaknya (tentu saja jarak kaki orang yang pendek akan berbeda dari orang jangkung). Kedua tumit berada pada satu garis lurus dan kaki belakang membentuk sudut 45 derajat atau lebih. Kedua lutut sedikit ditekuk. Titik berat tubuh ada di kaki belakang.
                
Foto Dari knifethrowing.info
Kedua lengan diangkat kedepan setinggi dada (Ini hanya sebagai patokan saja, tangan kiri tidak diangkatpun tidak apa-apa). Lalu tangan kanan yang memegang pisau, dilipat dan ditarik ke belakang hingga pisau berada di belakang kepala. Lalu lemparkan pisau dengan tenaga yang cukup. Saat melempar, pindahkan berat badan ke kaki depan, seiring dengan itu dada didorong sehingga miring kedepan, dan menambah tenaga lemparan. Namun pundak kanan tidak perlu digerakkan secara sengaja, hanya ikuti saja gerakan dada.

John Bailey. Foto: knifethrowing.info
Pada saat lengan kanan mengarah tepat ke target,  lepaskanlah pisau dan tariklah jari-jari tangan. Jangan menghentikan ayunan tangan secara seketika ataupun melecutkannya. Ikuti saja ayunan lengan. Teknik ini disebut “Follow Through”. Dalam hal ini, yang penting adalah saat yang tepat untuk melepaskan pisau. Pengalaman pribadi: jika tangan dilecutkan, akan menimbulkan rasa pegal atau sakit hingga selama 2 hari bila dilakukan berulang-ulang.
                
Jika sudah hapal titiknya, tak perlu lagi mengangkat lengan kiri. Untuk lemparan jarak jauh, sedikit gerakan pinggul dapat membantu menambah kekuatan lemparan.
                
Jangan lupa untuk mengingat gerakan yang benar dan tenaga yang dikeluarkan saat melempar sehingga diperoleh hasil yang konstan.









No comments:

Post a Comment